Sabtu, 13 Juni 2015

Tips Merawat Mata Dengan Baik



 Baiklah sahabat Zify mania, kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk merawat mata.
Disimak baik baik ya.

1. Perbanyak makan sayur dan buah
Agar mata tetap sehat dan normal Anda perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Buah dan sayur ini biasanya mempunyai warna kuning kemerahan, misalnya saja wortel, tomat, dan buah-buahan lainnya yang mengandung vitamin A. Sisipkan satu buah setiap harinya untuk dikonsumsi agar mata tetap sehat dan normal.
2. Perhatikan jarak ketika membaca
Kerusakan pada mata biasanya dikarenakan sering membaca buku terlalu dekat ataupun ditempat yang gelap. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda selalu memperhatikan jarak mata dengan buku ketika membaca. Jarak minimal mata dengan buku bacaan adalah 30 cm. Jadi, ketika membaca pastikan jika buku jangan terlalu dekat dan gunakan pencahayaan yang terang. Cahaya yang redup ketika membaca akan memaksa mata bekerja lebih keras dan membuat mata cepat lelah akhirnya mengalami kerusakan.
3. Jangan terlalu lama menghadap komputer
Selain membaca yang terlalu dekat menghadap komputer terlalu lama juga bisa membuat mata rusak. Karyawan yang bekerja di depan komputer sebaiknya jangan terlalu sering menghadap komputer. Beri jeda 10 menit sekali untuk memandang benda lain selain layar monitor. Misalnya saja memandang keluar. Terlalu lama menghadap komputer tidak hanya merusak mata tapi juga bisa menyebabkan kanker otak.
4. Hindari terlalu sering menggunakan obat mata
Menggunakan obat mata memang diperlukan tapi jangan gunakan terlalu sering. Penggunaan obat mata yang berlebihan bisa membuat mata kering dan menyebabkan infeksi yang bisa merusak mata. Gunakan obat mata jika diperlukan saja.
5. Lindungi mata
Cara merawat mata secara alami yang tepat yaitu dengan menggunakan pelindung mata di saat yang tepat. Gunakan kaca mata hitam ketika Anda bepergian di hari yang panas. Kaca mata ini bisa melindungi Anda dari sinar ultraviolet yang bisa merusak mata. Selain itu, jika ingin menghadap komputer lama ada baiknya jika menggunakan kaca mata khusus.
6. Hindari memakai kontak lensa
Sekarang ini banyak orang yang memilih untuk menggunakan kontak lensa, baik untuk mengatasi mata minus/plus maupun hanya untuk sekedar bergaya saja. Perlu Anda ketahui, mengenakan lensa mata tidak diperkenankan melebihi 19 jam perharinya. Pemakaian yang melebihi ini bisa membuat mata menjadi kering dan rusak.
7. Lakukan latihan mata
Menjaga mata tetap sehat Anda juga perlu melakukan latihan mata. Latihan ini sangat simpel dan mudah untuk dipraktekkan. Anda cukup dengan fokus melihat satu benda selama beberapa menit kemudian kedipkan mata. Ini bisa membantu fokus mata lebih baik dan menyehatkan mata.
Melakukan perawatan pada mata dengan tepat bisa membuat mata tetap normal dan sehat. Mata yang sehat merupakan kunci kesuksesan Anda dalam melakukan pekerjaan. Oleh karena itu, untuk Anda yang masih diberikan kesehatan mata harus merawatnya dengan baik.
Jangan sampai Anda menyesal dikemudian hari karena tidak melakukan perawatan pada mata ketika masih sehat. Selain dengan cara merawat mata diatas, Anda juga perlu memeriksakan mata Anda pada dokter mata setiap beberapa bulan sekali. Hal ini dilakukan agar mata Anda tetap terjaga kesehatannya.
Share : Facebook Twitter Google+

1 komentar:

  1. Merawat mata memang sangat penting, salah satu cara yang baik yaitu selalu kosumsi wortel dan hindari terlalu lama lihat dan terpaku ke layar lcd. Semoga kita selalu bisa menjaga kesehatan mata. :)

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com